Peternakan Sapi Limosin Dan Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Salah satu sapi yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi adalah sapi limosin yaitu harganya sekitar 20 juta per ekor. Sapi ini juga menjadikegemaran masyarakat karenabentuknya yang besar dan memiliki cirri khas dalam dagingnya yang membedakannya dengan sapi pedaginglainnya.

Ciri-ciri Sapi Limosin

  • Ketinggiannya mencapai 1,5 meter
  • Memiliki bulu tubuh yang tebal
  • Warnanya kuning hingga merah keemasan
  • Tanduknya cerah
  • Bobot anakannya ketika lahir tergolong kecil dan medium
  • Bobot sapi betinanya bisa mencapai 1100 kg

Keunggulan yang dimiliki oleh sapi limosin adalah pertumbuhan berat badannya yang relative sangat cepat dan singkat. Walaupun harganya sangat mahal, namunjumlah permintaan akan dagingnya semakin hari semakin bertambah. Bahkan hingga membuat para petrenak sapi menjadi kewalahan untuk memenuhinya.

Harga dari anakan sapi limosin local yang umurnya 4 sampai 6 bulan di pasaran  mencapai 6,5 juta sedangkan harga anakan limosin import sekitar 7,5 juta. Inilah yang membuat peternakan atau pengembang biakan sapi limosin bisa mendapatkan untung yang sangat fantastis.

Mengembangbiakkan sapi limosin sama halnya dengan mengembang biakan sapi lainnya. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama siapkan kandang

Dalam membuat kandang sapi limosin dapat dilakukan menjadi dua cara yaitu kandang untuk kelompok dan kandang untuk individu. Kandang kelompok bisa dibuat dengan ukuran yang besar disesuaikan dengan jumlah sapi yang akan diternakan. Sementara untuk kandang individu dibuat dengan ukuran 2,5 meter x 1,5 meter. Keunggulan dari kandang individu ini adalah sapi limosin akan menjadi lebih cepat dalam mengalami pertumbuhan. Karena dalam kandang tersebut tidak terjadi persaingan untuk mendapatkan makanan dan ruang geraknya menjadi bebas.

  1. Kedua siapkan pakan

Sama  halnya dengan jenis sapi lain, sapi limosin pun juga memerlukan pakan yang mengandung zat gizi dan nutrisi penting untuk pertumbuhannya. Pakan yang diberikan ada dua macam yaitu pakan hijau dan pakan konsentrat.

  1. Ketiga mengendalikan penyakit

Pengendalian penyakit pada hewan ternak khususnya sapi limosin ini sangatlah penting dilakukan agar sapi tetap terjaga kesehatannya dan kualitas yang diberikan akan baik pula.

semoga artikel yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi kita semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *