Kandungan Nutrisi & Penelitian Ilmiah Terkait Green Coffee

Kandungan Nutrisi & Penelitian Ilmiah Terkait Green Coffee-Green coffee (kopi hijau) adalah biji kopi yang masih berwarna hijau karena biji kopi masih mentah atau belum melalui proses pemanggangan. Sehingga biji kopi tersebut secara alamiah masih berwarna hijau dan bukan hitam seperti yang umumnya kita ketahui. Biji kopi tersebut berubah warna menjadi hitam karena malalui proses pemanggangan. Manfaat atau khasiat kopi hijau ini dianggap jauh lebih baik jika dibandingkan dengan biji kopi hitam yang sudah dipanggang.

Kandungan Nutrisi Green Coffee

Berikut beberapa kandungan dari green coffe yang sangat baik bagi kesehatan serta baik untuk menurunkan berat badan :

–       Chlorogenic acid dan antioksidan tinggi

Menurut penelitian ilmiah, biji kopi yang masih berwarna hijau memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi serta memmiliki kandungan dari komponen farmakologus aktif yang lainnya. Terdapat dua jenis zat yang terkandung dan sangat baik dari green coffee ini adalah chlorogenic acid dan antioksidan. Kandungan chlorogenic tersebut dipercaya mampu menurunkan berat badan secara ampuh dan optimal serta telah dibuktikan oleh beberapa orang. Akan tetapi kandungan tersebut akan menghilang ketika proses pemanggangan dilakukan. Iniliah yang kemudian membuat biji kopi hitam tidak dapat memberikan efek apapun seperti yang dapat diberikan oleh biji kopi hijau.

–       Kafein

Kandungan lain yang sudah sangat terkenal pada biji kopi adalah kafein. Bagi sebagian orang mungkin menganggap bahwa zat kafein ini kurang baik bagi kesehatan tubuh, karena dapat menyebabkan beberapa gangguan yang terjadi pada organ tubuh seseorang. Hal ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar, karena sebenarnya jika kafein dikonsumsi dalam jumlah normal maka dia akan memberikan manfaat bagi tubuh seseorang, seperti dapat meningkatkan daya tahan (metabolisme) tubuh. Manfaat tersebut akan lebih optimal bekerja di dalam tubuh jika biji kopi masih memiliki kandungan chlorogenic acid di dalamnya.

Penelitian Ilmiah Mengenai Green Coffee

–       Hasil penelitian menunjukkan terdapat kandungan zat chlorogenic acid yang berfungsi mampu mengurangi penyerapan karbohidrat yang terjadi di usus besar. Hal ini sangat bagus digunakan untuk memaksimalkan program diet yang Anda lakukan karena dapat membuat tubuh menjadi rendah dalam proses penyerapan kalori. Selain itu kopi hijau ini juga mampu mengendalikan tekanan darah serta memperbaiki kadar gula darah dalam tubuh.

–       Zat chlorogenic acid yang banyak terkandung di biji kopi hijau ini memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh, salah satunya adalah dapat menurunkan berat badan dengan cara mengurangi penumpukan lemak. Lemak yang biasanya menumpuk dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi kopi hijau. Selain itu kopi ini juga dapat membantu memperbaiki hormon yang memiliki tugas dalam proses pembakaran lemak. Pada penelitian ilmiah ini juga ditemukan bahwa zat chlorogenic acid juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang berlebihan di dalam tubuh. Sehingga Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh kadar kolesterol tinggi.

–       Dilakukan penelitian ekstrak biji kopi pada beberapa orang. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi kopi instan dengan tambahan ekstrak biji kopi hijau dalam waktu 12 minggu mengalami penurunan berat badan hingga mencapai 5,4.

Berbagai bukti ilmiah inilah yang akan membuat Anda semakin percaya dan tidak lagi ragu terhadap manfaat serta khasiat dari green coffee tersebut. Akan tetapi Anda tetap harus memperhatikan dosis pengkonsumsian kopi hijau tersebut. Secara umum atau normalnya seseorang cukup mengkonsumsi 120-300 mg kopi hijau setiap harinya serta dianjurkan untuk meminumnya kurang lebih 30 menit sebelum makan. Kopi hijau ini hanya bertugas membanu Anda dalam mengoptimalkan program diet, sehingga wajib bagi Anda untuk tetap mengatur pola makan serta tetap olah raga secara rutin agar upaya diet Anda akan lebih maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *