Inspirasi membuat pagar rumah dari material bambu

 

Rumah  minimalis modern biasanya disesuaikan dengan pemilihan material yang bernuansa modern serta kontemporer. Seperti pagar rumah minimalis yang biasanya terbuat dari besi dan beton. Namun bahan-bahan yang ramah lingkungan seperti menggunakan bambu, kayu, dan batu kembali menjadi trend saat ini. Bahkan sebagian dari pemilik rumah saat ini sengaja mengguankan bahan-bahan alam untuk menciptakan nuansa yang alami dirumahnya.

Contoh menggunakan pagar minimalis dengan bahan bambu, semuanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan pagar minimalis bambu? Berikut informasinya.

 

  • Ramah lingkungan dan bisa diperbaharui, karna bambu merupakan bahan yang mudah dibudidayakan dan bisa tumbuh subuh dijenis iklim dan tanah apapun.
  • Ringan, dikarenakan bambu mudah untuk diangkat sehingga proses pengerjaannya akan lebih mudah dan ringan.
  • Murah menjadi salah satu kelebihan pemakaian pagar bambu, karna bambu jauh lebih murah dibanding menggunakan kayu dan besi.
  • Rentan terhadap rayap dan faktor cuaca, untuk itu pemakaian bambu dibutuhkan perawatan khusus dan pemeliharaan secara berkala.
  • Jarak ruas serta diameter bambu tidak selalu sama. Oleh sebab itu, harus dilakukan kiat yang khusus untuk merancang pagar yang kokoh dan juga indah.

 

Desain Pagar Minimalis dari Bambu

Bambu merupakan bahan alami yang memiliki tekstur serta tampilan yang unik. Jadi, anda bisa dapatkan desain pagar rumah minimalis dengan menggunakan bahan bambu. Banyak sekali desain yang bisa diterapkan, diantaranya ialah :

  • Pagar bambu yang dirangkai secara khusus membentuk pola pagar kayu. Bambu yang digunakan tidak bisa sembarangan karna biasanya bambu sudah diproses treatment, pengeringan, penghalusan, dan coating. Supaya tampilan luar dan ukurannya akan lebih seragam.
  • Untuk dihalaman belakang pagar bambu bisa dibuat lebih tinggi, supaya halaman belakang akan lebih terlindung.
  • Pagar bambu dapat sekaligus dimanfaatkan sebagai tembok halaman belakang.
  • Bambu yang masih hidup bisa sekalian digunakan untuk tanaman pelindung dan tanaman hias dihalaman belakang rumah.

 

Model pagar minimalis yang diciptakan dari bambu pada dasarnya cukup artistik. Jadi tidak hanya bisa digunakan untuk rumah tradisional saja, tetapi rumah dengan nuansa modern pun bisa menggunakannya. Supaya lebih tahan lama dan tampilannya lebih indah, sebaiknya memilih bambu kuning karna lebih dikenal tahan lama dan lebih awet.

 

Jasa Pembuatan Pagar Minimalis

Untuk membuat pagar baik itu dari bahan alam atau bahan besi tentu harus dilakukan oleh orang-orang yang sudah berpengalaman. Karna pagar sendiri merupakan salah satu pengerjaan yang bisa dikatakan tidak terlalu mudah tetapi juga tidak terlalu sulit, namun harus dikerjakan dengan penuh kehati-hatian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *